Contoh Jawaban Tugas Modul 4 Bimtek Koding dan Kecerdasan Artifisial Fase D (SMP)

Contoh Jawaban Tugas Modul 4 Bimtek Koding dan Kecerdasan Artifisial Fase D (SMP)

Berikut ini contoh jawaban tugas (tagihan) dalam Modul 4: Komunikasi melalui Tools Kecerdasan Artifisial berdasarkan isi modul PDF:


πŸ”Ή LK 4.1 – Meringkas Bermakna / Peta Konsep Komunikasi melalui Tools Kecerdasan Artifisial

PETA KONSEP KOMUNIKASI MELALUI TOOLS KECERDASAN ARTIFISIAL

                          +---------------------------+
                           | KOMUNIKASI dengan KA     |
                           +-----------+--------------+
                                       |
        +------------------------------+---------------------------------+
        |                              |                                 |
+------------------------+             |                  +-------------------------------+
| Jenis Tools KA         |             |                  | Peran KA dalam Komunikasi     |
+------------------------+             |                  +-------------------------------+
| 1. Chatbot             |             |                  | - Meningkatkan efisiensi      |
| 2. Asisten Virtual     |             |                  | - Membantu penerjemahan       |
| 3. Penerjemah Otomatis |             |                  | - Meningkatkan aksesibilitas  |
| 4. Pengenal Suara      |             |                  | - Mengoptimalkan informasi    |
+------------------------+             |                  +-------------------------------+
                                       |
                  +------------------------------------------------+
                  |              Cara Kerja Sistem KA              |
                  +---------------------+--------------------------+
                                        |
                       +----------------+---------------------+
                       |                |                     |
              +----------+      +----------------+     +-----------+
              | INPUT    | -->  | PROSES (ML)    | --> | OUTPUT    |
              +----------+      +----------------+     +-----------+
                                        |
               +---------------------------------------------------+
               | Pemanfaatan KA                                    |
               +---------------------------------------------------+
               | - Pembelajaran digital                            |
               | - Penyuntingan teks otomatis                      |
               | - Chatbot pembelajaran                            |
               | - Desain digital berbasis AI (misal: Canva Magic) |
               +---------------------------------------------------+

πŸ”Ή LK 4.2 – Forum Diskusi: Memahami Komunikasi melalui Tools Kecerdasan Artifisial

Pertanyaan:
Mengapa penting memahami komunikasi melalui tools kecerdasan artifisial dalam konteks pembelajaran abad 21?

Jawaban Diskusi:
Karena komunikasi melalui tools KA memungkinkan proses pembelajaran menjadi lebih interaktif, personal, dan efisien. Tools seperti chatbot dan asisten virtual bisa membantu guru memberikan feedback instan, mempermudah akses informasi lintas bahasa, dan mendukung peserta didik dalam belajar mandiri. Ini sangat sejalan dengan kebutuhan kompetensi digital di era abad 21.


πŸ”Ή LK 4.3 – Menggunakan Peran Kecerdasan Artifisial dalam Komunikasi

Contoh Aplikasi:
Nama Aplikasi: Google Assistant
Peran: Mengelola jadwal dan memberi pengingat kegiatan guru
Aktivitas:

  1. β€œOk Google, setel pengingat untuk rapat MGMP pukul 09.00.”
  2. β€œApa jadwal saya hari ini?”
  3. β€œSetel alarm belajar pukul 06.00 setiap hari Senin-Rabu.”

Refleksi:
Penggunaan asisten virtual mempermudah manajemen waktu, meningkatkan produktivitas, dan mengurangi beban kognitif guru.


πŸ”Ή LK 4.4 – Jurnal Refleksi

Pertanyaan Refleksi:

  1. Apa manfaat utama komunikasi dengan KA bagi pendidikan?
    Jawaban: Membantu penyampaian materi, pemberian umpan balik otomatis, memfasilitasi komunikasi dua arah, dan mendukung pembelajaran personal.
  2. Apa tantangan utama dalam menggunakan tools KA?
    Jawaban: Keterbatasan pemahaman teknologi oleh guru, akses internet yang belum merata, serta kualitas output AI yang kadang belum akurat.
  3. Bagaimana Anda akan menerapkan tools KA di kelas?
    Jawaban: Saya akan mulai dengan mengenalkan chatbot sederhana dan menggunakan Canva AI untuk membuat infografis pembelajaran.

 

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *