Contoh Jawaban Tugas Modul 2 Bimtek Koding dan Kecerdasan Artifisial Fase D (SMP)

Contoh Jawaban Tugas Modul 2 Bimtek Koding dan Kecerdasan Artifisial Fase D (SMP)

Berikut ini adalahΒ  contoh penyelesaian tugas (tagihan) dari Modul 2: Literasi Algoritma dan Konten Digital yang mencakup semua aktivitas Lembar Kerja (LK) sesuai alur pelatihan:


πŸ”Ή LK.2.1.a – Resume/Peta Konsep: Mengelola Data dalam Kehidupan Sehari-hari

Peta Konsep:

Pengelolaan Data
β”‚
β”œβ”€β”€ Jenis Data
β”‚   β”œβ”€β”€ Kualitatif (kategori)
β”‚   └── Kuantitatif (diskrit, kontinu)
β”‚
β”œβ”€β”€ Sumber Data
β”‚   β”œβ”€β”€ Primer
β”‚   └── Sekunder
β”‚
β”œβ”€β”€ Proses
β”‚   β”œβ”€β”€ Pengumpulan
β”‚   β”œβ”€β”€ Pembersihan
β”‚   β”œβ”€β”€ Klasifikasi
β”‚   └── Penyajian
β”‚
β”œβ”€β”€ Teknik Berpikir Komputasional
β”‚   β”œβ”€β”€ Dekomposisi
β”‚   β”œβ”€β”€ Pola
β”‚   β”œβ”€β”€ Abstraksi
β”‚   └── Algoritma
β”‚
└── Aplikasi
    β”œβ”€β”€ Navigasi (Google Maps, GPS)
    β”œβ”€β”€ Spreadsheet
    └── Visualisasi data

πŸ”Ή LK.2.1.b – Forum Diskusi: Pemahaman Pengelolaan Data

Pertanyaan:
Mengapa penting mengelola data secara sistematis?

Jawaban:
Karena pengelolaan data yang sistematis membantu mengambil keputusan secara tepat dan efisien. Dengan berpikir komputasional (dekomposisi, pola, abstraksi, dan algoritma), kita bisa memahami fenomena dari data mentah menjadi informasi yang berguna.


πŸ”Ή LK.2.2 – Aplikasi: Pengelolaan Data dan Penyusunan Instruksi

Contoh Aplikasi:
Saya mengelola data waktu tempuh rumah–sekolah menggunakan Google Maps dan mengklasifikasikan:

  • Hari: kerja/libur
  • Waktu: pagi/siang/sore
  • Cuaca: cerah/hujan
  • Jarak: 12 km
  • Kecepatan rata-rata: 40 km/jam

Instruksi:

  1. Hitung waktu tempuh: 12 km Γ· 40 km/jam = 0.3 jam = 18 menit
  2. Tambahkan faktor kemacetan: 10 menit
  3. Total estimasi waktu: 28 menit

πŸ”Ή LK.2.3 – Jurnal Refleksi Pengelolaan Data

Refleksi:
Saya menyadari pentingnya data untuk mendukung keputusan. Dengan berpikir komputasional, saya dapat menyusun instruksi sistematis untuk memecahkan masalah nyata, seperti estimasi waktu perjalanan.


πŸ”Ή LK.2.4.a – Resume/Peta Konsep: Produksi dan Diseminasi Konten Digital

Peta Konsep:

Produksi Konten Digital
β”‚
β”œβ”€β”€ Komponen Komunikasi
β”‚   β”œβ”€β”€ Komunikator
β”‚   β”œβ”€β”€ Pesan
β”‚   β”œβ”€β”€ Media
β”‚   β”œβ”€β”€ Komunikan
β”‚   └── Feedback
β”‚
β”œβ”€β”€ Jenis Konten
β”‚   β”œβ”€β”€ Teks
β”‚   β”œβ”€β”€ Suara
β”‚   β”œβ”€β”€ Gambar/Video
β”‚   └── Interaktif/AI
β”‚
β”œβ”€β”€ Desain Efektif
β”‚   β”œβ”€β”€ Tujuan & Audiens
β”‚   β”œβ”€β”€ Narasi Visual
β”‚   β”œβ”€β”€ Prinsip Layout
β”‚   └── Warna, Huruf, Irama
β”‚
└── Diseminasi
    β”œβ”€β”€ Sosial Media
    β”œβ”€β”€ YouTube/TikTok
    └── Email, Blog, Marketplace

πŸ”Ή LK.2.4.b – Forum Diskusi: Produksi dan Diseminasi Konten Digital

Pertanyaan:
Apa tantangan terbesar dalam memproduksi konten digital yang efektif?

Jawaban:
Tantangan terbesar adalah memahami karakteristik audiens dan memilih platform yang tepat agar pesan sampai dengan efektif, tanpa melanggar etika atau hak cipta digital.


πŸ”Ή LK.2.5 – Aplikasi: Produksi dan Diseminasi Konten Digital

Langkah Produksi:

  1. Mengidentifikasi audiens: siswa SMP
  2. Menyusun konten edukatif (infografis berpikir komputasional)
  3. Menggunakan Canva untuk desain
  4. Menambahkan narasi pendek
  5. Publikasi ke YouTube & TikTok

πŸ”Ή LK.2.6 – Jurnal Refleksi Produksi Konten Digital

Refleksi:
Melalui produksi konten digital, saya belajar menyampaikan pesan secara visual dan menarik. Saya juga memahami pentingnya desain tata letak, warna, dan narasi dalam menarik perhatian siswa sebagai audiens utama.

 

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *