Berikut ini adalahΒ contoh penyelesaian tugas (tagihan) dari Modul 2: Literasi Algoritma dan Konten Digital yang mencakup semua aktivitas Lembar Kerja (LK) sesuai alur pelatihan:
πΉ LK.2.1.a β Resume/Peta Konsep: Mengelola Data dalam Kehidupan Sehari-hari
Peta Konsep:
Pengelolaan Data
β
βββ Jenis Data
β βββ Kualitatif (kategori)
β βββ Kuantitatif (diskrit, kontinu)
β
βββ Sumber Data
β βββ Primer
β βββ Sekunder
β
βββ Proses
β βββ Pengumpulan
β βββ Pembersihan
β βββ Klasifikasi
β βββ Penyajian
β
βββ Teknik Berpikir Komputasional
β βββ Dekomposisi
β βββ Pola
β βββ Abstraksi
β βββ Algoritma
β
βββ Aplikasi
βββ Navigasi (Google Maps, GPS)
βββ Spreadsheet
βββ Visualisasi data
πΉ LK.2.1.b β Forum Diskusi: Pemahaman Pengelolaan Data
Pertanyaan:
Mengapa penting mengelola data secara sistematis?
Jawaban:
Karena pengelolaan data yang sistematis membantu mengambil keputusan secara tepat dan efisien. Dengan berpikir komputasional (dekomposisi, pola, abstraksi, dan algoritma), kita bisa memahami fenomena dari data mentah menjadi informasi yang berguna.
πΉ LK.2.2 β Aplikasi: Pengelolaan Data dan Penyusunan Instruksi
Contoh Aplikasi:
Saya mengelola data waktu tempuh rumahβsekolah menggunakan Google Maps dan mengklasifikasikan:
- Hari: kerja/libur
- Waktu: pagi/siang/sore
- Cuaca: cerah/hujan
- Jarak: 12 km
- Kecepatan rata-rata: 40 km/jam
Instruksi:
- Hitung waktu tempuh:
12 km Γ· 40 km/jam = 0.3 jam = 18 menit
- Tambahkan faktor kemacetan: 10 menit
- Total estimasi waktu: 28 menit
πΉ LK.2.3 β Jurnal Refleksi Pengelolaan Data
Refleksi:
Saya menyadari pentingnya data untuk mendukung keputusan. Dengan berpikir komputasional, saya dapat menyusun instruksi sistematis untuk memecahkan masalah nyata, seperti estimasi waktu perjalanan.
πΉ LK.2.4.a β Resume/Peta Konsep: Produksi dan Diseminasi Konten Digital
Peta Konsep:
Produksi Konten Digital
β
βββ Komponen Komunikasi
β βββ Komunikator
β βββ Pesan
β βββ Media
β βββ Komunikan
β βββ Feedback
β
βββ Jenis Konten
β βββ Teks
β βββ Suara
β βββ Gambar/Video
β βββ Interaktif/AI
β
βββ Desain Efektif
β βββ Tujuan & Audiens
β βββ Narasi Visual
β βββ Prinsip Layout
β βββ Warna, Huruf, Irama
β
βββ Diseminasi
βββ Sosial Media
βββ YouTube/TikTok
βββ Email, Blog, Marketplace
πΉ LK.2.4.b β Forum Diskusi: Produksi dan Diseminasi Konten Digital
Pertanyaan:
Apa tantangan terbesar dalam memproduksi konten digital yang efektif?
Jawaban:
Tantangan terbesar adalah memahami karakteristik audiens dan memilih platform yang tepat agar pesan sampai dengan efektif, tanpa melanggar etika atau hak cipta digital.
πΉ LK.2.5 β Aplikasi: Produksi dan Diseminasi Konten Digital
Langkah Produksi:
- Mengidentifikasi audiens: siswa SMP
- Menyusun konten edukatif (infografis berpikir komputasional)
- Menggunakan Canva untuk desain
- Menambahkan narasi pendek
- Publikasi ke YouTube & TikTok
πΉ LK.2.6 β Jurnal Refleksi Produksi Konten Digital
Refleksi:
Melalui produksi konten digital, saya belajar menyampaikan pesan secara visual dan menarik. Saya juga memahami pentingnya desain tata letak, warna, dan narasi dalam menarik perhatian siswa sebagai audiens utama.